IMG_1357

Salah satu bagian dari program KKN yaitu mahasiswa dibekali dengan materi-materi secara teoritis dan praktis untuk diterjunkan kelapangan dalam mengaktualisasikan keilmuan yang didapat didalam kelas. Tahun 2015 Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat mengutus 37 mahasiswa ke 2 lokasi KKN yaitu Kabupaten Raja Ampat dan Kabupaten Sorong dengan membagikan 5 posko masing-masing 2 di Raja Ampat dan 3 di kabupaten Sorong.

Pembekalan dilakukan selama 3 hari di Gedung Aula STAIN dengan muatan orientasi program, administrasi persuratan sampai pendalaman keagamaan.  Oleh P3M bahwa misi KKN tahun 2015 mengusung tema pengabdian masyarakat berbasis riset dan transformasi keilmuan, tema tersebut dimaknai sebagai upaya mahasiswa untuk melakukan pengabdian ditengah-tengah masyarakat dengan melakukan penelitian terkait dengan dinamika yang terjadi di lokasi masing-masing. Sehingga temuan-temuan mahasiswa dapat dijadikan referensi bagi pemerintahan, masyarakat sendiri dan kalangan akademisi tentunya.

Ketua Panitia KKN Muhammad Rais, M.Ag mengatakan KKN merupakan Interakurikuler berbasis riset dalam mewujudkan tri dharma perguruan tinggi, maka dengan tema yang diangkat untuk tahun 2015 diaplikasikan dilokasi KKN agar mendapat pengaruh besar terhadap masyarakat. Ungkap Ketua Panitia

Selain itu menurutnya, KKN tidak lagi dalam perspektif tempo dulu yaitu harus membangun fisik karena untuk desa-desa sudah dikenal dengan masuknya program PNPM Mandiri dan Program KPDT, olehnya itu KKN dalam perspektif modern bagaimana mahasiswa mampu melakukan program kerja yang mengarah kepada transformasi keilmuan dan melahirkan penelitian sebagai temuan baru dalam desa tersebut.

Sementara Ketua STAIN Sorong yang hadir membuka acara, dalam sambutannya mengasumsikan KKN bagi masyarakat dan mahasiswa terjadi satu kesatuan program, sehingga dengan KKN inilah mampu mengatasi dan membenahi persoalan yang muncul ditengah-tengah masyarakat. Tantangan KKN  diera modern ini salah satunya adalah ‘’jika dulu KKN adalah sarjana tingkat desa maka era modern saat ini desa dipenuhi dengan sarjana’’ artinya   mahasiswa kini dihadapkan dengan intlektual yang sudah bertebaran di desa-desa. Beliau berpesan kepada seluruh mahsiswa KKN tahun ini agar menjaga nama baik kampus serta diri sendiri agar membawa kesan yang baik dimasyarakat.