18922127_732214070297437_3808650603143844837_n

Peringatan Upacara 17 yang dilaksanakan tanggal 19 di lapangan upacara Kampus STAIN Sorong memukau peserta upacara kandungan amanah yang disampaikan Ketua STAIN Sorong Dr. Hamzah, M.Ag di depan para ASN dan Tenaga Honorer.

Meskipun ditengah bulan suci ramadhan tidak menyurutkan semangat nasionalisme ASN dan Tenaga Honorer STAIN Sorong dalam memperingati Upacara rutin setiap tanggal 17 setiap bulannya.

Upacara kali ini memiliki nilai lebih terutama kandungan amanah yang disampaikan Ketua STAIN Sorong tentang rencana penerapan 4 pilar pendidikan yang merupakan dasar untuk mencapai tujuan tri dharma perguaruan tinggi.

Jika Negara Indonesia menganut Empat Pilar sebagai dasar pemerintahan yang baik atau landasan penting kokoh tidaknya capaian suatu pemerintahan maka dapat dimaknai bahwa sebuah pemerintahan harus memiliki pilar demi terwujudnya capaian-capaina sesuai dengan visi dan misi.

Maka sesungguhnya Pilar tersebut penting dibangun terutama di STAIN Sorong Dr Hamzah M.Ag dalam amanahnya Dikatakan, ‘’ bahwa dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa STAIN Sorong melakukan pembinaan dalam bentuk pilar pembinaan yaitu 1. Pilar Keisalaman, yang bermakna ASN (dosen) mesti memiliki cita cita yang tinggi serta impian bagaimana kemudian mahasiswa mampu menjadi rujukan keagamaan di Papua Barat. 2. Pilar Ke Indonesiaan, bahwa sebagai ASN yang memiliki wawasan kebangsaan yang kuat, kokoh dan tangguh serta membangun nasionalisme, patriotisme, menjunjung tinggi NKRI serta bagaimana kemudian generasi STAIN Sorong melestarikan NKRI. 3. Pilar Ke Papuaan kita ingin Papua terangkat derajatnya atau sederajat dengan daerah-daerah lainnya, kita inginkan sinergitas misi pemerintahan Papua Barat dengan STAIN Sorong yang mandiri dan sejahtera dengan capaian perkiraan 13 tahun kedepan dan segenap civitas akademika mesti menjadi motivator dalam mewujudkan visi pembagunan di Papua Barat. 4. Pilar Kepemimpinan yaitu membangun kepemimpinan dengan pendekatan keagamaan Islam, kita berharap masyarakat mengetahui bahwa STAIN Sorong sebagai lembaga pendidikan tinggi kegamaan Islam adalah bagian dari Perguruan tinggi yang melakukan sinergitas secara konfrehenship melalui 4 empat pilar tersebut diatas .

Dengan demikian 4 Pilar pendidikan menjadi penting dikemukakan sebagai pertanggungjawaban akademik bahwa STAIN Sorong memiliki konsep pembinaan sumber daya manusia untuk itu sebelum ditularkan kemahasiswa diharapkan segenap ASN, Dosen dan tenaga Honorer menerapkan 4 pilar tersebut.

Sentuhan 4 Pilar ini juga diharapkan mampu menyentuh masyarakat sehingga STAIN Sorong tidak sekedar melakukan sistem perkuliahan dikelas tetapi bagian dari proses pendidikan dengan sentuhan segala lapisan masyarakat  dengan konsep penelitian, pengabdian kemudian pengajaran yang sering dikenal dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Demikian Dr Hamzah dalam amanahnya.