span

 

Senin, 11 Februari 2019

LAUNCHING SPAN – UM PTKIN 2019 &

DIALOG PENDIDIKAN DAN PROSPEK ALUMNI STAIN SORONG

Ketua STAIN Sorong Dr. Hamzah, M.Ag. Membuka dengan Resmi Kegiatan LAUNCHING SPAN – UM PTKIN 2019 & DIALOG PENDIDIKAN DAN PROSPEK ALUMNI STAIN SORONG  di laksanakan di AULA STAIN Sorong dengan Narasumber Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat Bapak Drs. Sudirman Simanihuruk, M.Th. & Bapak Drs. K.H. Uso Selaku Pendiri STAIS – STAIN.

Dalam sambutan Ketua STAIN menyampaikan bahwa “Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN)- PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu system yang terpadu dan di selenggarakan secara serentak oleh panitia Nasional yang di tetapkan oleh Kementerian Agama RI.  STAIN Sorong  berperan penting dalam Peningkatan Kualitas dalam bidang Pendidikan bersinergitas dengan Madrasah, Sekolah dan Pesantren dalam membangun Peradaban Bangsa berbasis kearifan local untuk mengangkat Indeks Pembangunan Manusia di Papua Barat yang merupakan IPM terendah di Indonesia. Di akhir sambutan beliau selalu mengingatkan bahwa Ada 4 Pilar Pembangunan STAIN Sorong yatu :

  1. Pilar Keislaman
  2. Pilar Keindonesiaan
  3. Pilar Kepapuaan
  4. Pilar Kepemimpinan

 

Sekilas tentang Penyampaian Materi Yang di sampaikan OLeh Bapak  Drs. Sudirman Simanihuruk, M.Th. (Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat) sebagai Narasumber mengatakan bahwa Perkembangan Pendidikan di tingkat Madrasah  dan Perguruan Tinggi mulai memperlihatkan daya saing dengan sekolah dan perguruan tinggi di luar Kementerian Agama. Beliau juga mengatakan bahwa kehadiran STAIN Sorong untuk Wilayah Papua Barat di Harapkan dapat menjadi Barometer dalam menciptakan generasi emas dalam bidang Pendidikan yang Bersinergis dengan Madrasah, Sekolah dan Pesantren. Di Lanjutkan dengan Narasumber lain Bapak Drs. K.H. Uso Selaku Pendiri STAIS hingga perubahan menjadi STAIN Sorong beliau mengatakan kehadiran STAIN Sorong bukan hanya milik Umat Islam tapi milik masyarakat Indonesia secara umum dan Masyarakat Papua secara khusus, semoga STAIN Sorong telah menghasilkan generasi- generasi alumni yang mengabdi di masyarakat dalam berbagai bidang dan terkahir beliau berpesan agar STAIN Sorong dapat menjadi Jembatan untuk menghadirkan Kerukunan Antar Umat Beragama.

 

Kegiatan ini di hadiri oleh Kepala- Kepala Sekolah dan Guru- Guru Agama Islam tingkat SMA/SMK/MA/MAN se Sorong Raya dan Civitas Akademika STAIN Sorong. Semoga Kegiatan ini dapat Menjalin Kerja Sama dalam meningkatkan Pendidikan Yang Berdaya Saing.

 

#STAIN Sorong Pasti Pasti Pasti Bisa#

#Tim TIPD#