60575903_135817824192915_5073838801718083584_o

Sorong, Acara Musabaqah Sahril Qur’an (MSQ) yang diselenggarakan oleh mahasiswa Bidikmisi STAIN Sorong, pada Senin (20/5/2019) dengan mengangkat tema “Semangat Bulan Ramadhan Kita Bumikan Nilai-nilai Al-Qur’an”.

Kegiatan yang diselenggarakan di Masjid ‘Baitul Makmur’ STAIN Sorong ini cukup mengundang antusias penonton yang notabene sivitas akademika. Panitia MSQ tahun ini diketuai oleh Dr. Hasbullah, Ph.D. yang pada acara pembukaan lomba beliau sekaligus bertindak sebagai dewan juri. Lomba MSQ ini diikuti oleh mahasiswa bidikmisi dan umum, tetapi mayoritas pesertanya dari mahasiswa bidikmisi, karena sekaligus sebagai wadah untuk melatih mahasiswa menghafal serta memahami pesan Al-Qur’an. Acara lomba tersebut juga disiarkan langsung oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 2 Sorong yang direncanakan berlansung selama empat hari, Kegiatan yang difokuskan pada mahasiswa agar bagaiman ri.

Acara ini bertujuan untuk: 1) mensyiarkan kegiatan qur’an di lingkungan kampus supaya menjadi lingkungan yang qur’ani. Sehingga, hasil kegiatan ini berdampak positif terhadap pribadi peserta dan sivitas akademika STAIN Sorong. 2) sebagai sarana kompetisi dalam mendalami Al-Quran. 3) memperkenalkan mahasiswa STAIN Sorong tentang ilmu Al-qur’an, dan 4) menambah eksistensi almamater STAIN sorong di kalangan masyarakat islam Papua.

Musabaqoh Sahril Qur’an ini diharapkan bisa menjadi tolak ukur kesiapan dan kesanggupan bibit-bibit unggul dari tiap jurusan dan prodi yang ada di STAIN serta menjadi ajang pencarian generasi yang memiliki daya saing global dan berkarakter santri, sehingga harmonisasi untuk mencapai produktivitas di lingkungan kampus tercapai di kalangan mahasiswa. Di era 4.0 ini mahasiswa dituntut untuk memiliki kreativitas yang tinggi, inovasi, dan penguasaan teknologi. Akan tetapi, apabila seseorang yang sudah berkarkater qur’an, tantangan dan tuntutan zaman tidak terlalu menjadi penghalang. (Lalu)