halal

Sorong, web.stain.sorong – Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong menggelar acara “Halal Bi Halal”, dengan tema “Merajut Harmoni, Merangkai Kreasi” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP) STAIN Sorong, Rabu, 4/7/2019 di Gedung Dosen Lantai I. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjalin silaturahim antar angkatan dan dosen. Di samping itu, acara ini juga sebagai alternatif untuk bisa berkumpul. Muhammad Taslim selaku ketua panitia kegiatan mengatakan kegiatan ini sebagai cara untuk mengakrabkan antar angkatan, karena diakui diantara mereka jarang ada momen untuk bertemu.

“acara ini kami laksanakan dalam rangka mengakrabkan mahasiswa pascasarjana dari angkatan 1-5, karena kami jarang ketemu” tutur Taslim (4/7/2019).

Taslim juga mengatakan dengan adanya acara tersebut mahasiswa akhir pascasarjana untuk segera menyelesaikan laporan akhir (tesis). Mahasiswa pascasarjana menjadi agen of change di tengah-tengah masyarakat.

“halal bi halal ini sebagai hal untuk mengingatkan dan memberi semangat kepada mahasiswa semester akhir untuk segera menyelesaikan tesisnya, karena mahasiswa pascasarjana ditunggu-tunggu oleh masyrakat untuk segera membuat perubahan” ujar Taslim (4/7/2019).

Pada waktu yang sama Direktur Program Pascasarjana STAIN Sorong, Surahman Amin menyampaikan harapan pribadinya serta mewakili harapan institusi kepada segenap mahasiwa pascasarjana yang hadir dalam acara tersebut.

“Semoga dengan adanya acara ini, program pascasarjana menjadi berkah, berkah juga untuk semua mahasiswa, dan kita semua” tutur Surahman Amin (4/72019).

Tidak lupa juga Surahman Amin menyampaikan kepada segenap hadirin yang hadir pada saat itu mengenai regulasi perkuliahan, publikasi jurnal, serta bagaimana tesis bisa menjadi jurnal dikarenakan system sudah online.

“saya menghimbau kepada mahasiswa pasca untuk menjadikan tesisnya menjadi jurnal dan terpublikasi, supaya masyarakat luas bisa mengaksesnya” tambah Surahman Amin.

Acara inti pada kegiatan Halal Bi Halal tersebut diisi dengan cermah yang disampaikan oleh Ust. Ahmadi. Dalam penyampaiannya, acara Halal Bi Halal ini merupakan suatu kewajiban bagi seorang manusia, karena manusia merupakan mahluk sosial.

“halal bi halal menjadi tugas manusia sebagai mahluk social” tutur Ahmadi (4/7/2019). (@laluarul)