IMG-20190509-WA0004IMG-20190509-WA0004Sorong-“Kampus hijau” Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong melangsungkan acara Yudisium dan Promosi Magister program pascasarjana (PPs). Acara yang dilangsungkan di gedung dosen lantai 1 kampus STAIN Sorong dihadiri oleh puluhan orang. Selain dihadiri oleh ketua dan direktur PPs STAIN Sorong, acara tersebut dihadiri juga oleh para jajaran pimpinan, seperti WK.I, WK.III, Kepala Pusat Bahasa, dan para dosen. Karena acara tersebut dirangkaikan dengan kebuatan buka puasa bersama yang diselenggarakan oleh panitia amaliyah ramadan, sehingga turut hadir para cpns, staf, dan beberapa perwakilan dari mahasiswa program strata I.

Penyelenggaraan acara yudisium dan promosi magister atas nama Rusdan, S.Pd. berlangsung meriah dan haru. Di ruangan tempat berlangsungya acara riuh dengan tepuk tangan peserta yang ketika direktur program PPs STAIN Sorong, Dr. H. Surahman Amin., Lc., M.A. membacakan identitas yang bersangkutan (Rusdan), khususnya dari kalangan keluarga yang hadir. Program PPs sudah meyudisium sembilan orang lulusan termasuk Rusdan yang sudah dinyatakan sah menyandang gelar magister pendidikan (M.Pd.) distingsi Kepemimpinan Transformatif, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.74. Di samping itu, Rusdan juga berhasil menyelesaikan studi magisternya dalam kurun waktu 3 tahun 1 bulan 8 hari.

Rusdan yang saat ini sudah memiliki 3 orang anak dari wanita yang ia nikahi, yang saat acara kemarin, Rabu (08/5) turut mendampingi sang suami mempromosikan magisternya di hadapan ketua, direktur, dosen, dan para peserta lainnya. Ketua STAIN Sorong, Dr. Hamzah, M.Ag. menyampaikan dalam penyampaian nasihat akademik bahwa “Saudara Rusdan selain berhasil meraih gelar magister di bidang kepemimpinan transformatif, saudara juga berhasil memimpin keluarga” tegasnya.

Harapan ke depan, PPs STAIN Sorong bisa menjadi lokomotif pendidikan strata II yang ada di Papua Barat. Saat ini PPs STAIN Sorong memiliki satu program studi yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI). Akan tetapi, setelah perubahan status menjadi IAIN nanti bisa jadi PPs STAIN Sorong akan membuka beberapa prodi yang bisa menjadi pilihan para calon mahasiswa S.2. PPs STAIN Sorong juga dilengkapi dengan fasilitas gedung kuliah yang memadai, juga dengan tenaga pendidik yang semuanya bergelar doctor (Dr). Sehingga, mahasiswa PPs STAIN Sorong setelah lulus mamiliki daya saing global serta bertanggung jawab dalam mengaplikasikan ilmu yang didapatkan selama di bangku kuliah. (Lalu)