dalam rangka menyambut renumerasi di lingkungan Kementerian Agama RI, STAIN Sorong melaksanakan pelatihan kemahiran dalam menyususn laporan kegiatan tanggal, 1-2 November 2013, di Aula STAIN Sorong jam 15.30 WIT.

dihadiri oleh segenap civitas akademika STAIN Sorong masing-masing dari staf, kepala unit, ketua Jurusan dan Pimpinan hadir dalam kegiatan tersebut, sebagai langkah awal dalam menyatukan persepsi dan sosialisasi terhadap keseragaman laporan dari beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh STAIN Sorong.

dengan menghadirkan tiga narasumber yang cukup berkompeten dibidangnya , Prof. Dr, I Gusti Kahar, M.Pd.I, Dr. Muslim Hadani serta Sambefri Marihot Simbolow, yang siap membagi ilmu dengan kalangan civitas akademika STAIN Sorong pada khususnya.

ketua panitia Hj. Hasbiah dalam laporanya mengatakan, bahwa kegiatan ini dilatar belakangi oleh masih seringnya terjadi kesalahan dalam melakukan penyusunan laporan kegiatan. dengan kegitan ini maka dapat membantu nantinya para pegawai dalam menyusun laporan  pada masing-masing unit dalam lingkungan kemenag, demikian dikatan beliau, selain  itu pandangan lain dilaksanakan kegiatan ini memang diperlukan pelatihan berdasarkan standar pelaporan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama ucap beliau.

selain itu Ketua STAIN Sorong diwakili oleh WK. I Dr, Hamzah Khaeriyah dalam sambutanya menyampaikan tentang pentingnya menyususn  laporan karena ini merupakan bagian dari roh pekerjaan, selain itu peserta juga bisa dapatkan informasi lain kepada narasumber terkait dengan muatan materi yang disampaikan.

diharapkan kegiatan ini menjadi langkah awal dalam menciptakan laporan yang efektifitas dan akuntabilitas di lingkungan STAIN Sorong selanjutnya menjadi bekal bagi generasi civitas yang lainya.