Dalam acara pembekalan KKN angkatan VIII tahun 2014, salah satu kegiatan yang menjadi bagian dari schedule acara BP KKN yakni penyelenggaran jenazah.

Kegiatan yang berlangsung pada hari ke-3 di Aula STAIN Sorong dihadiri oleh seluruh peserta calon KKN semester 8. Kepada narasumber Shaleh Johar menjelaskan didepan mahasiswa calon KKN bahwa materi ini sangat penting anda ketahui karena jangan sampai anda dihadapkan dengan penyelenggaraan jenazah ditempat KKN anda. ucap Shaleh Johar.

Sebelumnya Shaleh Johar memperlihatkan kepada mahasiswa tentang tata cara mengurus jenasah mulai dari membersihkan, mengkafani hingga mensholatinya dengan tujuan agar peserta dapat melihat dan memahami ketika dilapangan dan dapat diaplikasikan sebagai ilmu ditengah-tengah masyarakat.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari pembekalan KKN angkatan VIII, dijelaskan oleh BP KKN bahwa materi ini menjadi materi wajib dalam pembekalan, terutama seringnya mahasiswa dihadapkan dengan penyelenggaraan jenazah secara tiba-tiba dilokasi.

Dalam acara tersebut antusias mahasiswa untuk memahami tata cara penyelenggaraan jenazah ini sangat tinggi, terbukti dengan praktek langsung yang dipandu oleh narasumber Shaleh Johar muncul beberapa pertanyaan kritis yang mengarah pada hukum Islam.

bertindak sebagai eksperimen mayat dalam kegiatan tersebut adalah mahasiswa PAI ”Sabirin”.

IMG_0020