IMG-20190518-WA0050

Sorong- Jurusan Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong mengadakan kegiatan pembekalan ilmu praktek lapangan kepada puluhan mahasiswa jurusan syariah. Kegiatan pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan selama tiga (3) hari, mulai dari hari Jum’at s.d. Minggu (17-19/5) di gedung dosen lantai II.

Kegiatan pembekalan PPL tersebut diikuti oleh mahasiswa Syariah. Peserta atau mahasiswa yang mengikuti kegiatan pembekalan ini merupakan mahasiswa semester VI yang terdiri dari dua prodi, yaitu prodi Ekonomi Syariah dan Akhwalus Syahsiyah. Para mahasiswa yang mengikuti pembekalan terlihat khidmat mengikuti setiap sesi yang disajikan oleh panitia.

Ketua panitia pelaksana kegiatan pembekalan PPL yakni Syahrul, Lc., M.A. yang merupakan salah satu dosen jurusan syariah. Rencana mahasiswa PPL tahun 2019 kali ini akan disebar di beberapa kota, di antaranya Surabaya, Yogya, Bali, Sragen, Ambon, Timika, dan Malang. Seperti yang ungkapkan oleh salah satu panitia pembekalan yakni Ekarina Katmas, M.E. saat dimintai keterangan oleh penulis via WathsApp, Ia mengungkapkan bahwa “rencananya mahasiswa akan melaksanakan PPL di beberapa kota di antaranya Surabaya, Jogja, Bali, Sragen, Ambon, Timika, Malang” terangnya.

PPL merupakan bagian dari rangkaian proses akademik yang harus diikuti dan dilaksanakan oleh mahasiswa karena syarat untuk mengikuti proses berikutnya yakni Kuliah Kerja Nyata (KKN) harus mengikuti kegiatan PPL yang diselenggarakan oleh jurusan. Harapannya, melalui kegiatan praktek lapangan ini lebih-lebih prakteknya di luar daerah diharapkan mampu menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa sebelum mereka lulus dan mempertanggungjawabkan gelarnya di masyarakat nantinya. (Lalu)