IMG_1038a

STAIN-Pengelola Bidikmisi mengisi bulan suci Ramadan dengan mengadakan musabaqoh fahmil qur’an. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh ketua STAIN Sorong, Dr. Hamzah, M.Ag. pada hari Senin (13/5) kemarin di masjid Baitul Makmur kampus STAIN Sorong.

Acara pembukaan yang dihadiri oleh beberapa dosen, panitia, peserta dan perwakilan mahasiswa menunjukkan bahwa setiap kegiatan kemahasiswaan yang dilaksanakan di kampus STAIN Sorong selalu mendapatkan respon positif dari seluruh sivitas akademika.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang nilai-nilai alquran sekaligus sebagai pembinaan mahasiswa serta untuk mengisi bulan suci Ramadan dengan kegiatan-kegiatan yang bernilai ibadah. Musabaqoh fahmil qur’an merupakan lomba cerdas cermat alqur’an. Jenis-jenis mata lomba fahmil qur’an di antaranya tafsir, tahfis, sejarah keagamaan, dan wawasan keagamaan secara umum. Seperti yang disampaikan oleh ketua panitia musabaqoh fahmil qur’an yakni Kyai Ahmadi, M.M.Pd saat diwawancarai oleh penulis.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 15 s.d. 20 Mei 2019 yang dipusatkan di masjid baitul makmur kampus STAIN Sorong. Musabaqoh fahmil qur’an ini hanya diikuti oleh mahasiswa STAIN Sorong, dan salah satu persyaratan yang dipersyaratkan oleh panitia adalah setiap regu harus terdapat mahasiswa bidikmisi, karena kegiatan ini sekaligus sebagai ajang pembinaan mahasiswa bidikmis.

Sebagai penutup Kyai Ahmadi, M.M.Pd. menyampaikan harapan dari kegiatan ini bahwa dengan adanya kegiatan ini adalah supaya ghiroh atau semangat dalam menjalankan bulan suci Ramadan ini benar-benar semangat dalam beribadah dan peningkatan sumber daya manusia STAIN Sorong.