Picture1

Salah satu yang menjadi kewajiban umat Islam adalah Zakat sebagaimana  salah satu poin dalam rukun Islam. Zakat diwajibkan atas setiap orang Islam yang telah memenuhi syarat. Selain melaksanakan perintah Allâh Subhanahu wa Ta’ala, tujuan pensyariatan zakat ialah untuk membantu umat Islam yang membutuhkan bantuan dan pertolongan. Oleh karena itu, syariat Islam memberikan perhatian besar dan memberikan kedudukan tinggi pada ibadah zakat ini. Kedudukan zakat dalam Islam sudah banyak diketahui oleh kaum Muslimin secara garisbesarnya.

Persoalan ini dikemukakan oleh Dewan Pertimbangan Badan Amil Zakat Nasional Kota Sorong Dr. Hamzah, M.Ag dalam pertemuan majelis taklim di salah satu perusahaan TV Kabel Kota Sorong. Menurutnya selain dari pentingnya membayar zakat, ada hal yang perlu menjadi penyatuan persepsi kalangan umat Islam yaitu: Zakat harta.

Mengenai Zakat harta oleh Dr. Hamzah, M.Ag bahwa secara prinsip setiap masyarakat yang memiliki domisili dan bekerja ditempat tersebut maka kewajiban Zakatnya tidak boleh dialihkan ketempat lain, menurutnya Zakat harus diambil dari wajib Zakat dan didistribusikan kepada mereka yang berhak menerimanya diadaerah dimana mereka bekerja.

Lebih lanjut lagi disampaikan sejak dahulu prinsip desentralisasi ini dianut oleh Nabi Muhammad Saw ketika mengutus muadz bin Jabalsebagai amil Zakat di Yaman. Menurut Nabi bahwa Zakat diambil dari orang mampu dan disistribusikan kepada oran yang tidak mampu pada kalangan penduduk setempat. Demikian oleh Dr Hamzah, M.Ag

Berkaitan hal ini masalah kecenderungan masyarakat untuk menyerahkan langsung Zakatnya kepada bagian penerima oleh Dr. Hamzah menganggap perbuatan ini tetap sah secara syari’i akan tetapi kurang bermanfaat, sehingga fungsi Baznas menjadi penting sebagai wadah pengumpul dan pendistribusi Zakat dan juga menjadi ruang untuk mensosialisasikan kepada masyarakat yang memiliki kecenderungan tersebu.

Point terakhir yang dikemukakan Dr. Hamzah, M.Ag dalam pertemuan dengan majelis taklim tersebut mengajak masyarakat untuk mempercayakan Zakatnya di BAZNAS setempat.