IMG_0007

ict/online

P3M (Pusat penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) STAIN Sorong kembali melakukan persentasi Seminar Proposal Penelitian Kompetitif Individu dengan tema ‘’Studi Faktor Terciptanya Harmonisasi Budaya, Agama, dan Sosial dalam Masyarakat Multikultur Papua Barat.oleh  Dosen STAIN Sorong di Gedung Pasca Sarjana Lantai II, jam 08.30 WIT.

Salah satu yang menjadi latar belakang acara ini sebagaimana beban dosen, yaitu Penelitian merupakan tugas pokok dosen yang harus dilaksanakan setiap semester, sesuai dengan Tridharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.  Hanya saja  terkadang penelitian tersebut menjadi terbengkalai, disebabkan kurangnya support dan pengertian  dosen sendiri tentang kewajiban tersebut.  Biasanya dosen melaksanakan penelitian ketika akan mengusulkan kenaikan pangkat. Akibat dari kondisi tersebut maka kualitas pendidikan tinggi menjadi sangat memprihatinkan.  Dosen juga tidak dapat mengembangkan ilmunya serta menemukan berbagai temuan ilmiah yang akan dapat menguntungkan  mahasiswa.  Dosen hanya semata mata mengajar dan membaca karya orang lain dan sama sekali tidak pernah menghasilkan sesuatu yang berguna bagi orang lain.  Bahkan sangat  ironis kalau misalnya ada dosen yang tidak pernah mengembangkan dirinya melalui membaca karya ilmiah, meskipun  tulisan orang lain.  Akibat dari semua itu kita dapat membayangkan bagaimana kualitas  pendidikan  kalau kondisinya seperti itu.

Kepada media online STAIN ketua panitia Muhammad Rais, M.Ag dalam laporanya mengatakan, ‘’model persentasi ini merupakan agenda tahunan P3M setelah tahun sebelumnya dengan model yang sama, berdasarkan data panitia pelaksana bahwa jumlah proposal yang masuk sebanyak 17 proposal dan akan diseleksi bedasarkan pemaparan persentase sebanyak 15 proposal”. Ditambahkan lagi oleh Muhammad Rais bahwa secara administrasif ke-17 proposal ini sesuai dengan langkah yang ditentukan oleh P3M yaitu pendaftaran, pengumpulan, dan persentase, dan selanjutnya melakukan penelitian selama 6 bulan terhitung dari waktu persentase. Demikian oleh Ketua Panitia.

Masih oleh Muhammad Rais, dalam acara tersebut beliau menyampaikan kepada peserta tentang penelitian kelompok, buku daras, dan penelitian keagamaan yang bekerjasama dengan Litbag Pusat, dengan itu Muhammad rais menghimbau kepada peserta (Dosen) agar mampu mengatur waktu antara penelitian, pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat.

Sebelum acara dubuka secara resmi oleh Ketua STAIN Sorong Prof. Dr. H. Abustani Ilyas, M.Ag beliau sebelumnya berharap kepada P3M agar tema penelitian juga diupayakan untuk melakukan kerjasama dengan pemerintah setempat, selain itu juga Ketua STAIN berharap agar tahun kedepan P3M sebaiknya membuat model sesuai dengan klaster kepangkatan agar ada kompetensi professional serta peningkatan potensi akademik di kampus kita ini. Ucap beliau.

Terkait dengan kebijakan beliau berjanji untuk meningkatkan dana penelitian tahun depan (2015)  selain itu melalui P3M agar mampu melirik program pemerintah terkait dengan penelitian terutama tema yang diangkat tahun ini jangan sampai menjadi kebutuhan pemerintah setempat, baik sosial maupun keagamaan.

Setelah acara dubuka panitia melanjutkan dengan pemaparan persentase proposal sesuai dengan jadwan yang telah ditentukan oleh P3M.