IMG_0311

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), berdasarkan UU no. 12 tahun 2012, tentang pendidikan Islam, berkewajiban untuk memperhatikan akreditasi oleh lembaga pendidikan itu sendiri. Tujuan kedatangan BAN PT ini merupakan Bimbingan Tekhnis Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi dalam menuju lembaga pendidikan yang berkualitas. maka dengan bimbingan teknis tahun ini salah satu poin yang penting adalah mengupgrade status akreditasi saat ini ketingkat yang lebih baik.

Diawalai oleh Dr. Hamidah yang merupakan assessor BAN PT menegaskan kepada panitia terutama bagian penjamin mutu STAIN Sorong bahwa ‘’dalam sebuah Perguruan Tinggi keseimbangan itu perlu, artinya antara dosen dan mahasiswa berada dalam posisi seimbang. Selain itu juga kelurnya informasi mengenai akhir penyetoran soft copy dokumen pengisian borang tanggal 10 Agustus 2014, maka langkah yang harus dilakukan adalah memperbaiki manajemen sebagaimana tujuan akreditasi itu sendiri  adalah perbaikan manajemen. ungkap Hamidah (narasumber)

Bimbingan tekhnis akreditasi ini sebenarnya telah direncanakan sejak awal bersama dengan beberapa perguruan tinggi yang ada di Sorong, namun Ketua STAIN Sorong Prof. Dr. Abustani Ilyas, menyampaikan kepada media online bahwa ‘’ada beberapa perguruan tinggi yang tidak menyempatkan diri hadir dengan alasan bertepatan libur Papua di Sorong’’ ucap Ketua STAIN

Lain halnya ketua Panitia Dr. Hamzah bahwa ini sudah menjadi jadwal yang disepakati oleh panitia. Maka dalam laporannya meberikan kesan maaf kepada peserta yang tidak sempat hadir, ‘’kita upayakan tahun depan bisa menghadirkan beliau lagi.  supaya setiap prodi yang dibuka memiliki kualitas atau terdaftar di BAN PT’’ pungkas WK I

Masih oleh ketua panitia, Di STAIN Sorong sebenarnya telah terjadi rasionalisasi dosen maka wajar kalau kita berupaya mengupgrade akreditasi misalnya dari C ke B atau dari B ke A.

Ketua panitia mengharapkan dengan kegiatan ini ada kesan positif bagi narasumber, sehingga STAIN memiliki  nilai baik dalam rangka menggenjot akreditasi terutama prodi-prodi yang ada sekarang ini.

Dalam acara tersebut ketua STAIN sebelum membuka acara memberikan support kepada panitia atas terlaksanannya kegiatan bimbingan tekhnis akreditasi institusi ini, beliau berharap penjamin mutu dan civitas akademika terutama jurusan  yang memiliki prodi harus serius mengikuti acara ini. Karena dengan akreditasi yang baik STAIN Sorong diupayakan mendorong percepatan pendidikan yang berkualitas di Papua terutama di Papua Barat. Demikian oleh Ketua STAIN

Memang beberapa kendala yang sering muncul dalam proses akreditasi seperti kecakapan tim akreditasi, data blank atau berserakan, kualitas panitia, serta penulis tidak mengacu pada standar penilaian. Karenanya dengan bimbingan tekhnis ini masyarakat tidak perlu meragukan kualitas perguarauan tinggi STAIN Sorong. Tentu saja telah memberikan bukti nyata dalam menjawab permasalahan akreditasi.

Setelah materi Dr. hamidah mengenai tata cara pengisian borang kegiatan dilanjutkan oleh ketua BAN PT Prof. Dr. H. Mansyur Ramli. terlihat Hermanto Suaib dan beberapa petinggi UMS hadir pula dalam acara tersebut.