IMG-20170616-WA0005

Pelaksanaan Nuzul Qur’an di MAKO Lantamal XIV oleh ketua STAIN Sorong Dr. Hamzah, M.Ag menyampaikan pesan bahwa ummat Islam harus memiliki pandangan konfrehenship terhadap al-Qur’an.

Pesan oleh Ketua STAIN Sorong ini disampaikan saat diundang menjadi pembicara dalam rangka peringatan Nuzul Qur’an yang dihadiri Komandan LANTAMAL dan Pejabat lainnya di Markas Komando Angakatan Laut Sorong barau-baru ini.

Menurutnya, bahwa al-Qur’an memiliki perspektif dari sisi sumber keimanan  dan perspektif sumber dasar ilmiah yang dapat dinalar ilmiah untuk membengun bangunan keilmuan. Ditambahka lagi bahwa qur’an sebagai sumber dasar keimanan maka hanya umat islam yang dapat memahami, menikmati dan mengamalkan namun pada sisi sumber dasar keilmuan maka siapapun dan latarbelakang apapun terbuka peluang untuk menggalinya.

Ketua STAIN Sorong lebih lanjut lagi bahwa peringatan nuzul qur’an ini kita bersama menggali sejarah sebagaimana peran Istri Nabi Muhammad Saw (Khadijah) sangat besar dalam menentukan perkembangan DakwahIslam. Apalagi setelah Nabi Muhammad menerima lima ayat pertama yaitu surah Al-Alaq sebagaimana diceritakan bahwa terjadi teristiwa   dahsyat dan menunjukkan sikap ketakutan  Nabi Muhammad terhadap apa yang baru saja dimalaminya. Peristiwa ini diceritakan kepada Istrinya (Khadijah) dengan ekspresi respon yang luar biasa.

Makna ini respon Khadijah menjadi panutan bagi kalangan hawa terutama dalam kegiatan ini yang berstatus Istri tentara bahwa segalah peristiwa sebaiknya disampaikan terlebih dahulu kepada orang yang terdekat bukan di media sosial sebagaimana yang saat ini melanda masyarakat Indonesia. Tutur Dr. Hamzah

Dalam kesempatan yang sama Ketua STAIN Sorong menggagas program kerjasama dalam rangka pembinaan kedua Instansi, hal tersebut direspon baik oleh Komandan Lantamal dan bentuk tindak lanjunya disepakati realuisasi setelah ramadhan tahun ini.