workshop pembelajaran aktif yang dilaksanakan oleh Jurusan Tarbiyah di Gedung Pasca Sarjana STAIN Sorong tanggal 23-24 Oktober 2013 dihadiri oleh 30 peserta masing-masing dari kalangan guru Kota dan Kabupaten Sorong dan Mahasiswa Jurusan Tarbiyah.

merupakan kegiatan akhir tahun bagi jurusan Tarbiyah 2013 yang dilaksanakan dengan melibatkan guru dan calon guru di Sorong, dengan mendatangkan dua narasumber masing-masing Muhammad Irfan, S.Pd, M.Pd dan Widya Karmila Sari Ahmad, S.Pd, M. Pd asala UNM Makassar.

ketua panitia Indria Nur Mengatakan dalam sambutanya bahwa kegiatan ini menjadi sarana bagi guru yang selama ini menerapkan model pembelajaran hanya dalam kelas kini dapat menimba atau menambah ilmu melalui workshop ini. dan direncanakan kedepan akan terus dilaksanakan secara bertahap agar peserta pendidik benar-benar menerapkan dan mendapatkan model pembelajaran yang berbeda, demikian dikatakan beliau.

selain itu oleh narasumber Muhammad Irfan mengatakan senang dengan begitu antusisnya peserta mengikuti acara workshop ini, selain itu beliau berharap kedepan dapat dilaksanakan kegiatan seperti ini agar peserta pendidik dapat menggali ilmu baru dalam menghadapi ppeserta didiknya.

dalam acara penutupan oleh Dr. Hamzah Khaeriyah juga menyampaikan apresiasi kepada Jurusan Tarbiyah atas terlaksananya kegiatan workshop ini beliu berharap agar kedepan kegitan ini lebih ditingkatkan.