Jalur UM-PTKIN

2222

APA ITU UM-PTKIN

UMPTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pembiayaan penyelenggaraan UMPTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia.

JADWAL SELEKSI UM-PTKIN 2019

  • Pembayaran Pendaftaran : 01 April – 30 April 2021
  • Finalisasi Pendaftaran : 01 April – 06 Mei 2021
  • Pelaksanaan SSE : 24 Mei – 02 Juni 2021
  • Pengumuman Hasil Ujian : 17 Juni 2021

Register e-Mail anda untuk mendapatkan notifikasi

untuk melakukan registrasi klik disini

ALUR UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI

(UM PTKIN)

TAHUN 2021

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada Universitas Islam Negeri (UIN)/ Institut Agama Islam Negeri (IAIN)/ Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain. UMPTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) merupakan proses seleksi masuk UIN, IAIN, dan STAIN di seluruh Indonesia melalui ujian tertulis yang dilaksanakan secara bersama di bawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik I ndonesia.

PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah dapat menerima calon mahasiswa yang lulus dari Satuan Pendidikan MA/ MAK/ SMA/ SMK/ Pesantren Muadalah atau yang setara maksimal tiga tahun terakhir.

UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pembiayaan penyelengga-raan UMPTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia. Bagi peserta yang lulus UM-PTKIN dari keluarga pra-sejahtera yang memiliki prestasi akademik dan non akademik dapat mengikuti seleksi program Bidikmisi.

Informasi UM-PTKIN 2021 meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tatacara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta jumlah pilihan PTKIN dan Progam Studi dapat diakses melalui laman http://www.um-ptkin.ac.id

Daftar Kelulusan UM-PTKIN

Persyaratan

  1. Lulus dari Satuan Pendidikan MA/MAK/Pesantren Muadalah/SMA/SMK atau yang setara tahun 2019, 2020, dan 2021. Lulusan tahun 2019 dan 2020 harus sudah memiliki ijazah atau yang sederajat. Sedangkan lulusan tahun 2021 harus memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Muadalah dan dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap Madrasah/ Sekolah/Pesantren Muadalah
  2. Memiliki kesehatan yang memadai yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter/puskesmas sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.

Alur Pendaftaran

Brosur UM PTKIN.cdr

Pelaksanaan Ujian

Kelompok ujian
  1. Kelompok Ujian IPA (Peminat Program Studi bidang Sains dan Teknologi). Materi Ujian:
    (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa (3) Keislaman, (4) Kemampuan IPA.
  2. Kelompok Ujian IPS (Peminat Program Studi bidang Sosial, Humaniora, dan Keagamaan). Materi ujian: (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa (3) Keislaman, (4) Kemampuan IPS.
  3. Kelompok Ujian Campuran (Peminat Program Studi bidang Sains dan Teknologi, bidang Sosial, bidang Humaniora dan bidang Keagamaan). Materi ujian: (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa (3) Keislaman, (4) Kemampuan IPS, (5) Kemampuan IPA.
  4. Ujian dilaksanakan pada 24 Mei s/d 02 Juni 2021

Jadwal Ujian

Registrasi Pendaftaraan Ulang

Sebelum Daftar Ulang/ Registrasi, Siapkan Berkas-berkas berikut: untuk semua lulusan span, um dan mandiri
SKL bagi lulusan tahun 2021

  1. SKL bagi lulusan tahun 2021
  2. Pasphoto diri terbaru berwarna (Background Merah) berpakaian resmi
  3. FC Kartu Keluarga (KK)
  4. FC Pajak Bumi Bangunan (PBB}
  5. FC Rumah tampak depan, dalam serta samping
  6. FC Rekening listrik, Telepon, Internet dan PDAM (Kalau ada)/ Kalau tidak ada diganti surat pernyataan tidak mempunyai ditandatangani oleh orang tua bermaterai.
  7. FC Ijazah terakhir yang sdh dilegalisir
  8. Surat Keterangan Bebas Narkoba (Klinik/ Puskesmas/ Laboratorium/ Rumah Sakit)
  9. surat keterangan berkelakuan baik dari sekolah
  10. melampirkan FC kartu KIP/PKH (bagi calon maba yg memiliki)
    Pendaftaran ulang langsung di antarkan di panitia penerimaan maba gedung akademik kemahasiswaan dan alumni
  11. Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) Rp. 1.700.000 dan dapat di setor langsung ke Bank BRI terdekat di No Rekening 0310-01-001051-30-8 a.n Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sorong
  12. Pendaftaran ulang dimulai tanggal 13 sanpain dengan 30 April 2021